April 25, 2011

Naikan Rating Blog Kita, Yuk!


Punya website atau blog? Waah pasti seru dong? Tapi pasti agak patah semangat ya kalau ternyata saat di check ratingnya ternyata naiknya cuma sedikit? Jangan patah semangat! Itu justru tantangannya! Maka kamu akan terpacu untuk menulis dan menulis sehingga skill menulis kamu akan terasah dengan sendirinya.

Sebagai pendahuluan, mari kita baca dengan seksama, apakah web/blog kamu sudah memenuhi kriteria dibawah ini?
Kualitas desain dan konten yang seperti apakah yang tergolong baik menurut search engine google dan yahoo? (sumber)
  1. Website yang menawarkan isi yang unik, bermutu, dan original alias asli.
  2. Mengutamakan desain halaman website yang mudah dicerna oleh manusia, bukan oleh search engine.
  3. Website yang berisi informasi yang berguna, padat dan jelas yang bisa menggambarkan isi website secara keseluruhan.
  4. Berisi link yang dapat digunakan untuk membantu orang lain menemukan hal lain yang masih berhubungan degan isi website.
  5. Website yang menawarkan sitemap kepada pengunjung dengan link yang langsung menuju bagian penting website kamu. Apabila dalam sitemap terdapat lebih dari 100 link, sebaiknya dipindahkan ke halaman yang berbeda.
  6. Carilah kata kunci yang banyak dicari orang lain dan pastikan website kita mengandung kata kunci tersebut.
  7. Menggunakan metadata yang benat-benar menggambarkan isi website.
  8. Website dengan susunan dan link teks yang jelas. Setiap halaman haruslah dapat dicapai paling sedikit dengan satu link yang statis.
  9. Usahakan untuk menggunakan teks, bukan gambar, jika ingin menampilkan nama, menjelaskan isi atau link. Google dan Yahoo tidak akan mengenali teks yang ada di dalam gambar.
  10. Pastikan judul tag dan atribut ALT yang kamu gunakan benar-benar akurat dan menggambarkan website.
  11. Rajin memeriksa apakah ada link yang mati atau kode HTML yang salah.
  12. Apabila kamu menggunakan halaman dinamis (seperti URL yang mengandung karakter tanda "?"), karena tidak semua search engine dapat mengindeks halaman dinamis.
  13. Pastikan link dalam website kamu jumlah yang rasional (tidak lebih dari 100 link)
  14. Secara keseluruhan memiliki desain yang baik.
Jika semua/sebagian besar list diatas sudah dipenuhi tapi hasilnya tetap tidak signifikan, bagaimana? Pasti ada pikiran dong bagaimana caranya menaikkan rating website/blog dengan cara lain? Pertanyaan itu juga pernah mandek di kepala saya agak lama. Jawabnya, Ada! Ini yang dinamakan SEO (Search Engine Optimizer)

SEO adalah cara yang ampuh dalam menaikkan rating/traffic hits dalam web/blog kamu. Iya, dong! Kita harus memanfaatkan search engine supaya web/blog kita mudah nyangkut dan kesempatan dikunjungi user lain semakin tinggi. Duh, gimana caranya? Gampang! Ada beberapa cara yang lumayan ampuh dalam ber-SEO-ria

1. Tagging dan keyword.
Ini adalah cara yang paling mujarab dalam teknik SEO. Tagging dikenal juga dengan keyword. Apa tulisan kamu? Nah, berarti kamu mesti pilih beberapa 'tag' yang mewakili tulisan kamu. Misalnya kamu menulis resep tentang Jus Alpukat; berarti tag-nya harus yang nyambung dengan Jus Alpukat itu tadi. Contohnya: Jus, Alpukat, Avocado, resep, dahaga, haus, minuman enak, pahit, manis, dan lain-lain. Bebas mau masukin berapapun! Tapi ingat, HARUS NYAMBUNG dengan artikel yang di-tag. Karena jika tag dengan artikelnya nggak nyambung, maka website/blog kamu akan dianggap penipu oleh user yang 'tertipu' oleh tag kamu. Dan biarpun alamat web/blog kamu ada lebih dari dua di halaman pertama, sudah barang tentu akan dilewati. Iyalah, siapa yang ingin tertipu dua kali?

2. Anchor Text dan Hyperlink.
Jika tagging sudah mulai berhasil menarik pembaca, maka langkah selanjutnya adalah membuat anchor text dan hyperlink.

Belum tahu anchor text? Anchor text adalah teks pada halaman website yang jika diklik akan membawa kita ke tempat lain, bisa lokasi tertentu pada halaman yang sama, bisa halaman lain pada website yang sama, atau halaman di website lain. Biasanya Anchor Text lebih berwujud Sitemap. Sitemap umumnya merupakan daftar judul halaman yang merupakan achor text, jika di click akan membawa ke halam yang judulnya terdaftar disitu. Dari sisi SEO, disitulah letak manfaat sitemap.


Kalau Hyperlink? Itu lho sebuah perintah yang bisa memasukkan link ke dalam sebuah kata atau kalimat. Tandanya ada garis biru dibawahnya. Yang jika kita klik maka akan membawa kita ke sebuah halaman baru, seperti ini (kalimat 'seperti ini'-nya bisa diklik tuh!).
Beda Anchor Text dengan Hyperlink? Simple, Anchor Text itu biasanya terletak di side-bar sebuah web/blog. Itu biasanya, ada juga yang meletakkannya di bawah artikel. Kalau Hyperlink, adanya di dalam artikel. Gitu bedanya.

Jika dalam sebuah artikel kamu ada yang berhubungan satu dengan yang lain, buat sebuah Hyperlink atau tautan yang menghubungkan antara artikel yang satu dengan yang lain. Kenapa? Supaya pembaca tidak cepat beranjak dari website kamu. Misalnya kamu punya artikel tentang resep Jus Alpukat dan artikel tentang cara menanam alpukat dalam pot. Buat tautan yang menghubungkan keduanya. Tidak masalah dengan judul artikel kamu, yang penting ada kandungan kata Alpukat dan keluarganya didalam artikel kamu. Dan teknik inipun harus relevan dan tidak berlebihan kalau tidak mau menjadi bumerang.

3. Jejaring sosial.
Ini langkah selanjutnya. Pasti paham dong? Iya, facebook, twitter, koprol dan situs jejaring sosial lain bisa sangat membantu kita dalam mempromosikan website/blog kita. Jangankan cuma promo website/blog, jualan aja bisa! Hohoho. Caranya? Duh mesti dibilangin juga? Haha okelah, kita bahas satu persatu.

Facebook
Beruntunglah bagi kamu yang sudah mempunyai kawan banyak, diatas 200 sudah bagus. Jika masih sedikit, cari kawan aja dulu, hehe. Cara promosi website/blog kamu di facebook gampang! Tinggal klik itu tulisan "What's on your mind" di halaman depan atau di profile kamu, copy alamat yang ingin kamu promosikan, lalu klik share. Itu cara mudah tanpa basa-basi; Jika kamu mau sedikit kreatif supaya tulisan kamu nggak gampang terlewatkan, beri basa-basi tapi jangan terlalu basi di atas link kamu, contohnya begini nih



Asik kan? Gunakan kalimat-kalimat persuasif supaya teman kamu terpancing untuk berkunjung ke link yang kamu sediakan. Percayalah, ini sangat membantu. Dan seperti kamu lihat diatas, sebisa mungkin link yang di attach di profile kamu selalu tersambung dengan group kamu (jika kamu sudah punya group, mention group kamu dalam kalimat persuasif kamu). Jadi akan terpampang di profile kamu juga, di profile group kamu juga. Bisa juga kamu mention (dengan mengetik tombol '@' ) nama-nama temen kamu di postingan link itu, kemungkinan besar temen-temennya teman kamu bisa ngelihat link yang kamu attach. Semudah itu? Iya, semudah itu.

Microblog



Cara yang sama juga bisa diterapkan ke jejaring sosial lainnya. Nah di sinilah fungsi Anchor Text dan Hyperlink menjadi crucial. Jika kamu mempromosikan website/blog kamu lewat twitter, koprol, plurk dan situs microblog lain yang membatasi karakter hanya sampai 140, Harap waspada. Mungkin kamu berpikiran,
"ah linknya kepanjangan, nih! Pendekin aja pake tinyurl, bit.ly atau pendek.in biar bisa mengarang indah."

Hati-hati, karena jika kamu menggunakan jasa 'url shortener' dari kedua web tersebut atau dari web lain, maka tidak ada referral point untuk website/blog kamu, jadi traffic mulai dihitung saat pengunjung mengklik link lain setelah diarahkan oleh url shortener. Kamu tentu tidak mau traffic yang kamu arahkan ke website affiliate menjadi sia-sia, bukan? Belum lagi reputasi kamu akan menjadi penyebar link spam! So, sekalipun kamu terpaksa memakai jasa url shortener, jangan lupa link yang sudah dipendekkan itu di cek dulu ya. Karena ada beberapa kasus, link yang telah dipendekkan menjadi link kosong atau malah jadi link berbahaya (nyasar ke web ho'oh). Mau aman, pake add-on url shortener keluaran firefox. Tapi bagusnya lagi, buat url shortener sendiri supaya bebas mau memendekkan url apa pun. Tentunya jangan lupakan kalimat persuasif yang ampuh itu, supaya memancing rasa penasaran.

4. Quick response
Jika semua langkah di atas berhasil, pasti pengunjung akan banyak. Otomatis komentar atau pertanyaan pasti ada. Nah, usahakan selalu membalas komentar atau pertanyaan itu secepat mungkin. Karena itu akan membuat si penanya merasa dihargai. Tapi jangan lantas lebay, nanti malah oot (out of topic) lagi, artikelnya apaaa, yang ditanya apaaa, yang dijawab juga apaaa.. hehe biasa aja jawabnya :). Nah, beberapa diantara yang meninggalkan komentar atau pertanyaan, pasti meninggalkan alamat website/blog mereka. Kunjungilah, jika PR (Page Rate) dari website/blog mereka cukup tinggi, maka kita akan menggunakan metode selanjutnya.

5. Nyampah
Nyampah bukan sembarang nyampah loh! Ini nyampah yang positif. Karena dengan nyampah ini, kita akan diuntungkan. Istilah kerennya link exchange, jadi seperti yang udah dibahas diatas, kalau mereka comment/nyampah di website/blog kita, berarti sunnah hukumnya buat kita mengunjungi website/blog mereka. Lumayan lho, bisa naik 3-4 kali lipat jika kamu benar-benar cermat. Nyampah itu bisa dilakukan dengan:




1. Mendaftar ke Forum-Forum Besar
Banyak forum-forum di Indonesia (khususnya phpbb), nah carilah forum-forum yang ngetop, misalnya nie Adsense-id, Kaskus, Joomla, dsb. Nah, daftar aja lalu coba posting suatu tulisan yang baru, unik dan menarik minat pembaca dan yang paling penting sisipkanlah link situs kita misalnya solfacorners.com di antara tulisan yang diposting. dengan cara ini berarti kita sambil menyelam minum air, weh... Kembung!
Tips : daftarlah ke Forum-Forum yang mempunyai PR yang tinggi, disarankan yang sudah di atas 5.

2. Sisipkan Signature Saat Posting di Forum
Forum-forum biasanya membolehkhan membernya menyisipkan signature, nah sisipkanlah link situs kita, sehingga saat kita melakukan posting (walaupun hanya reply/quote) otomatis link promosi kita akan ikutan terposting, lumayan loh.
Tips : Gunakan kata-kata yang sopan dan persuasif.

3. Promosi di "Shout Chat"
Sekarang-sekarang ini situs yang pake engine blog banyak menampilkan suatu menu untuk chatting secara sederhana seperti 'shout box'. Nah, coba masukin basa-basi, sekedar bilang terima kasih atau salam kenal, tukeran link dll
Tips : Gunakan kata-kata yang sopan dan sedikit basa-basi tapi jangan terlalu basi :D.

4. Promosi di Kolom "Komentar"
Beberapa website/blog menyediakan kolom komentar, misalnya di solfacorners.com juga ada , nah coba baca postingannya terlebih dahulu baru sisipkan komentar lalu salam perkenalan lalu sisipkan link
Tips : sebaiknya baca dulu artikelnya, baru komentar. Biar nyambung! Jangan ada kata-kata merk bahan bakar atau cuma nice info! Buat si penulis merasa bahwa tulisannya benar-benar bermanfaat bagi kita.

5. Promosi di Buku Tamu
Buat yang doyan Googling dah tau khan caranya?ya masukkan aja perintah inurl:buku tamu atau inurl:buku_tamu atau juga inurl:guestbook, nah dengan cara ini mbah Google akan menampilkan buku tamu dari situs-situs terkenal (atau yang tidak terkenal), trus promosi deh situs kita.
Tips : Beberapa buku tamu di internet terkena spam oleh iklan-iklan, sebaiknya jangan posting di buku tamu yang sudah kena spam. Nanti komentar kamu malah terdetect spam oleh webmaster.

6. Promosi Lewat Milis
Cara ini hampir sama seperti cara nomor 2, ikutan milis lalu sisipkan signature (biasanya melalui menu options / setting pada email account).
Tips : Carilah milis yang "sehat"; yang membernya benar-benar orang yang membutuhkan berita dan membernya tidak terlalu banyak, cos jika mendaftar pada milis bisnis yang dihuni oleh 1000 member misalnya, sepertinya signature yang kita buat akan percuma atau sedikit manfaatnya karena orang-orang di milis bisnis bakalan sibuk mempromosikan bisnisnya sendiri dan rada males baca link orang lain, mendaftarlah pada milis-milis berbau komputer, kesehatan, pendidikan, gaya hidup supaya signaturenya lebih efektif.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites